Tumpeng Mini Jakarta Barat

Tumpeng Mini Jakarta BaratSalah satu makanan khas di Indonesia adalah Nasi Tumpeng. Makanan ini sangat populer sekali dan sering disajikan untuk acara-acara tertentu, seperti ulang tahun, syukuran, dan sebagainya. Biasanya Nasi Tumpeng juga disediakan dalam porsi besar, namun sekarang ini sudah ada berbagai macam varian ukuran tumpeng, misalnya Tumpeng mini Jakarta Barat. Makanan ini juga disajikan dengan tempat penyaji yang disebut dengan “Tampah”. Tampah merupakan tempat penyaji yang terbuat dari bahan dasar bambu dan kemudian dialasi dengan daun pisang.

Nasi tumpeng biasanya berwarna kuning dan disajikan dalam bentuk kerucut yang menyerupai gunung. Tentunya ada lauk pendamping yang juga disajikan bersamaan dengan Nasi Tumpeng. Dan tentunya lauk tersebut tidak boleh asal-asalan atau sembarangan. Berikut ini adalah macam-macam lauk pendamping yang disajikan bersamaan dengan nasi tumpeng:

Tumpeng Mini Jakarta Barat

Ikan Goreng

Ikan juga diharuskan untuk hadir dalam penyajian menu Nasi Tumpeng tradisional. Jenis ikan yang digunakan pun juga tidak boleh asal-asalan, karena Anda hanya diperbolehkan untuk menggunakan jenis ikan tertentu, misalnya bandeng, lele, ikan asin (ikan petek, ikan gereh pethek). Ikan laut juga dipercayai oleh masyarakat sebagai lambang dari kekuasaan. Selain itu, ikan teri (biasanya terdapat di kering tempe) juga sering diartikan sebagai simbol kerukunan. Sedangkan ikan lele sering melambangkan keuletan dan ketabahan. Ikan bandeng juga melambangkan rezeki yang sangat melimpah yang mirip seperti duri yang ada di dalam ikan bandeng. Dan ikan gereh pethek yang sering hidup bergerombol di ibaratkan seperti manusia yang diciptakan sebagai makhluk sosial, dan mereka pun tidak bisa hidup sendirian. 

Untuk saat ini terkadang ikan tidak disajikan jika sudah ada ayam. Hal ini dikarenakan untuk menghemat budget yang dikeluarkan. Namun, ada juga yang menyajikan kedua nya. Untuk jenis ikan yang sering dipakai adalah ikan mas dan ikan nila. Sedangkan untuk ikan asin, biasanya seperti jambal roti, teri, japu, dan sebagainya. 

Telur Balado

Umumnya nasi kuning yang sering disajikan saat ini menggunakan topping pendamping seperti telur goreng iris. Namun, kalau untuk Nasi Tumpeng, biasanya disajikan dengan lauk pendamping seperti telur balado. Untuk jenis telur yang digunakan bisa disesuaikan dengan apa yang Anda inginkan atau apa yang konsumen inginkan. Telur yang Anda gunakan bisa berupa telur burung puyuh, telur ayam dan telur bebek. Namun, pada umumnya telur yang sering digunakan adalah jenis telur ayam. Anda juga bisa memasaknya dengan cara digoreng seperti telur ceplok atau direbus. Dan biasanya telur tersebut lebih sering direbus.

Ayam Utuh

Merupakan lauk pendamping yang harus ada dalam penyajian Nasi Tumpeng. Ayam utuh juga dikenal dengan sebutan ayam bakakak dalam bahasa Sunda nya. Pada jaman dulu ayam yang di sajikan pada Nasi Tumpeng tidak boleh sembarangan, melainkan harus menggunakan tipe ayam jantan. Mengapa menggunakan ayam jantan? Hal ini dikarenakan ayam jantan dipercayai oleh orang banyak karena dapat menghindarkan kita dari buruknya tingkah ayam jantan yang sangat merasa benar sendiri, angkuh, serta tidak setia. 

Namun, saat ini ayam yang digunakan pun tidak mengharuskan untuk menggunakan ayam jantan. Anda bisa menggunakan ayam kampung, ayam peternak, dan sebagainya. Ayam utuh biasanya disajikan dengan cara digoreng, namun jika Anda suka yang dibakar, maka Anda bisa membakar ayam tersebut. 

Sambal Goreng Kentang

Lauk pendamping ini juga terbuat dari bahan kentang, dan lauk ini adalah sambal goreng kentang. Beberapa orang sangat suka mencampur sambal goreng kentang dengan beberapa bahan campuran seperti petai, ati ataupun bisa kedua nya. Bahkan ada juga yang membuat sambal goreng udang tanpa menggunakan kentang. Dalam hal ini, sebenarnya yang ditekankan adalah sambal nya. Nah, jika ada sambal maka makanan juga pastinya akan enak untuk dinikmati.

Perkedel Kentang

Lauk pendamping yang sudah disebutkan di atas merupakan jenis makanan hewani. Namun, sekarang sudah memasuki pada sumber makanan dari sayuran. Perkedel kentang merupakan lauk pendamping yang sering disajikan bersamaan dengan Nasi Tumpeng. Perkedel kentang dibuat dari kentang yang direbus dan kemudian ditumbuk atau diulek, serta dicampur dengan bumbu serta tepung. Setelah selesai membuat adonan nya, Anda bisa membentuknya menjadi bundar-bundar dan kemudian digoreng. Perkedel juga memiliki rasa yang yang lezat dan gurih. Bahkan juga sangat lembut dan garing diluar. Sehingga sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai lauk pendamping pada menu makanan Tumpeng mini Jakarta Barat.

Urap

Komposisi bahan utama dari lauk pendamping urap adalah sayur mayur yang sudah direbus. Urap biasanya terdiri dari isian bayam, kangkung, tauge, kacang panjang, dan kemudian dikasih parutan kelapa. Menurut artian dari leluhur jaman dulu, sayur mayur yang ada di urap juga memiliki filosofinya. Dimana sayur kangkung mempunya arti sebagai pelindung serta kacang panjang yang memiliki arti berpikir jauh ke depan. Urap juga sering dikombinasikan dengan mentimun yang segar.

Kentang Mustofa

Orang Indonesia memang sangat suka mengonsumsi kentang ataupun menjadikannya sebagai topping dalam suatu menu makanan. Ada beberapa orang yang juga yang menyajikan nasi tumpeng dengan disertai topping seperti kering kentang pedas atau lebih sering disebut dengan nama kentang mustofa. Kentang mustofa biasanya dipotong dengan seukuran korek api, kemudian digoreng garing, lalu dimasak dengan tambahan sambal pedas yang gurih. Dengan kombinasi Nasi Tumpeng yang pulen, dan juga ditambah dengan kentang mustofa yang garing dan crispy, tumpeng yang disajikan pun rasanya menjadi lebih mantap.

Nah, itulah macam-macam lauk pendamping yang sering disajikan bersamaan dengan menu makanan Tumpeng mini Jakarta Barat. Selain yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa macam lauk pendamping yang lain. Misalnya tempe goreng, tahu goreng, lalapan segar, sayur rebus, serta sambal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *