Tumpeng Mini Jakarta

Tumpeng Mini JakartaBerbicara mengenai Tumpeng Mini Jakarta tentu tidak lepas dari berbagai macam acara yang diadakannya. Pasalnya tumpeng selalu menjadi bagian dari setiap acara-acara penting yang dilakukan. Seperti halnya acara ulang tahun, syukuran, pembukaan, hingga beragam acara lainnya. 

Tumpeng sendiri hadir dalam bentuk nasi dengan warna kuning yang dibentuk menyerupai gunung. Sedangkan sekelilingnya dihiasi dengan beragam lauk-pauk yang tentunya dapat Anda nikmati dengan nasi tumpeng itu tadi. Karena seringkali dihadirkan dalam berbagai macam acara penting, maka tumpeng pun dikenal sebagai simbol atau bahkan hidangan wajib dari perayaan penting yang ada di Indonesia. 

Sejarah Nasi Tumpeng 

Jika dilihat dari sisi sejarah, tumpeng untuk pertama kali dibuat dengan bentuk gunung dengan tujuan untuk memuliakan tempat bersemayam dari nenek moyang. Tidak hanya itu, filosofi terkait bentuk gunung juga dikaitkan dengan kondisi wilayah Indonesia yang memang dipenuhi dengan jajaran gunung berapi di sekitarnya. 

Tumpeng Mini Jakarta

Tradisi mengenai persembahan nasi tumpeng dimulai pada masa agama Hindu masih tersebar luas di wilayah Indonesia. Namun seiring dengan perkembangan zaman, utamanya perkembangan dari ajaran agama Islam yang masuk ke Indonesia, maka tradisi tersebut pun mulai lebih disesuaikan dengan falsafah yang ada pada ajaran agama Islam itu sendiri.

Sementara itu, menurut tradisi agama Islam yang ada di kawasan Jawa, tumpeng sendiri dianggap sebagai pesan dari para leluhur terkait permohonannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini dibuktikan melalui tradisi kenduri yaitu acara selamatan yang ada di masyarakat Jawa yang mana sebelum menyajikan tumpeng untuk dimakan, mereka akan melakukan pengajian serta kegiatan membaca Al-Qur’an terlebih dahulu. 

Mengenal Arti dan Filosofi Nasi Tumpeng 

Tumpeng hadir dengan filosofinya yang luas, bahkan setiap bagian yang dimilikinya pun memiliki filosofi atau arti tersendiri. Seperti komponen nasi pada tumpeng itu sendiri yang dikenal sebagai simbol dari jenis makanan yang bersih dan halal. Dengan kata lain sebagai masyarakat yang sehat dan beragama tentunya harus mengonsumsi jenis makanan yang bersih serta halal pula. 

Sementara itu, untuk bentuk tumpeng yang dibuat menjadi kerucut dikenal dengan artinya yang menyatakan agar setiap orang bisa mendapatkan hidup yang sejahtera. Sedangkan dari lauk pauk yang dimilikinya juga dikenal dengan arti yang berbeda. Seperti setiap tumpeng umumnya akan disajikan dengan ayam jantan. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari sifat-sifat buruk yang umumnya ada di ayam jago, seperti halnya sifat congkak, sombong dan juga tidak setia. Lain lagi dengan ikan teri yang digunakan dengan harapan agar dapat dijadikan sebagai contoh dari segi kerukunan juga kebersamaan yang dimilikinya. 

Selain itu, nasi tumpeng juga sering kali disajikan dengan telur rebus yang berarti bahwa setiap hal harus direncanakan atau dikupas dan dilaksanakan sesuai dengan rencana, kemudian melakukan evaluasi untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Selain arti tersebut, telur juga melambangkan sosok manusia sebagai fitrah yang sama. Sedangkan yang membedakan hanya ketakwaan serta tingkah laku yang dimilikinya. 

Lauk pauk lain yang juga tidak boleh terlewatkan pada sajian tumpeng adalah sayur urab. Sayuran ini terdiri dari kangkung, toge, kacang panjang, bayam, kluwih dan dilengkapi dengan sambal berbentuk parutan kelapa dengan urab dan berbagai macam bumbu lainnya. Selain dikenal sebagai pelengkap, setiap sayuran tersebut juga memiliki filosofi atau arti masing-masing. 

Mengenal Berbagai Macam Jenis Nasi Tumpeng 

Selain dikenal dengan filosofinya yang cukup banyak, tumpeng juga hadir dengan jenis atau macam yang cukup beragam.  Namun umumnya masyarakat Indonesia hanya tahu mengenai tumpeng kuning saja. Padahal masih ada banyak lagi jenis nasi tumpeng lainnya. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya : 

  • Tumpeng Robyong 

Untuk jenis tumpeng yang satu ini umumnya disajikan pada acara siraman atau bahkan pernikahan adat Jawa. Selain disajikan dengan beragam jenis sayuran, topeng ini juga diletakkan di dalam bakul. Sedangkan pada bagian puncaknya dihiasi dengan telur, cabe, terasi juga bawang merah. 

  • Tumpeng Pungkur 

Tumpeng pungkur umumnya digunakan apabila ada seorang pria atau bahkan wanita yang masih lajang dan meninggal dunia. Tumpeng ini disajikan dari nasi putih dan juga dilengkapi dengan lauk pauk dalam bentuk sayuran. Setelah jadi, tumpeng tersebut akan dipotong secara vertikal dan diletakkan saing membelakangi antara satu dengan lainnya. 

  • Tumpeng Nujuh Bulan 

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, tumpeng ini digunakan pada saat usia kehamilan memasuki angka tujuh bulan dan disajikan dalam acara syukuran. Tumpeng ini umumnya dibuat dari nasi putih. Tumpeng ini terdiri dari satu buah tumpeng dengan ukuran besar dan 6 buah tumpeng lainnya yang berukuran kecil dan mengelilingi tumpeng berukuran besar itu tadi. Tumpeng ini juga disajikan di atas tampah dengan alas dari daun pisang. 

  • Tumpeng Putih

Tumpeng putih tentunya dibuat dengan menggunakan nasi putih dan ditujukan bagi acara-acara sakral yang ada di Jawa, tumpeng ini juga menjadi perlambang kesucian.

  • Tumpeng Nasi uduk 

Untuk tumpeng ini umumnya dikenal sebagai tumpeng tasyakuran, dan hanya  digunakan pada acara Maulid Nabi saja.

  • Tumpeng Nasi Kuning 

Berbeda dengan tumpeng lainnya, warna tumpeng yang satu ini terlihat kuning karena menggunakan bahan rempah. Selain itu warna kuning yang digunakan untuk melambangkan kekayaan serta moral luhur. Tumpeng nasi kuning ini banyak digunakan dalam berbagai macam acara termasuk di antaranya acara pernikahan, tunangan juga kelahiran. 

Tips Memilih Penyedia Nasi Tumpeng Mini

Pada penjelasan di bagian atas tadi tentunya Anda telah mengetahui bahwa nasi tumpeng sering kali hadir dalam kehidupan keseharian kita. Bahkan dalam beberapa perayaan khusus kehadiran nasi tumpeng justru menjadi hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih sajian tumpeng dibandingkan dengan kue untuk acara ulang tahun yang dimilikinya. Bahkan beberapa di antaranya menjadikan nasi tumpeng tersebut sebagai oleh-oleh atau ucapan terima kasih atas kehadirannya di acara tersebut. 

Jika saat ini Anda tengah mencari layanan nasi tumpeng yang tepat untuk kebutuhan acara ulang tahun atau bahkan perayaan lainnya maka pastikanlah untuk memilih layanan yang tepat, seperti dengan memperhatikan beberapa tips berikut ini : 

  1. Layanan service yang baik 

Tips pertama yang harus Anda lakukan ketika memilih layanan pembuat nasi tumpeng mini adalah melihat layanan service yang dimilikinya. Pastikanlah untuk memilih layanan pembuat nasi tumpeng yang memiliki sifat sopan, ramah dan juga memberikan layanan terbaik dengan cara profesional serta fast respon sehingga Anda yang membutuhkannya dalam waktu cepat pun bisa memberikan hasil berupa tumpeng mini terbaik dan tidak akan mengecewakan Anda selaku pelanggan yang dimilikinya.

  1. Cek website juga testimoni

Untuk langkah selanjutnya jika pemesanan dilakukan melalui jaringan online, maka sebelum menjatuhkan pilihan untuk menggunakan layanan pembuat tumpeng tersebut, pastikanlah untuk mengecek keaslian dari website yang dimilikinya. Pasalnya saat ini banyak sekali pihak yang tidak bertanggung jawab dan menggunakan jenis layanan tersebut untuk menipu dan melakukan tindakan kejahatan lainnya pada para pelanggan. Karena itulah pastikan pula untuk melihat kolom testimoni yang tentunya dapat meyakinkan Anda dengan lebih baik. 

  1. Pemilihan jenis pesanan 

Setiap layanan jasa pembuat tumpeng tentunya memiliki beraneka ragam sajian tumpeng yang ditawarkan bagi para pelanggannya dan tidak terkecuali untuk beberapa macam jenis tumpeng seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Namun jika Anda ingin memesan jenis tumpeng mini maka pastikan pula apakah layanan jasa pembuat tumpeng tersebut menyediakan jenis menu dari tumpeng mini itu sendiri atau tidak? Jika pesanan yang Anda inginkan tersedia dan dapat dibuatkannya, maka Anda pun tinggal melakukan pemesanan sesuai dengan jenis tumpeng yang Anda inginkan. 

  1. Ketepatan waktu 

Tipa lainnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah melihat tingkat ketepatan waktu dari pembuatan pesanan yang dilakukannya. Pasalnya setiap pembuat tumpeng memiliki standar waktu memasak yang berbeda antara satu dengan lainnya. Untuk itu pastikanlah Anda memilih layanan dengan standar waktu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalkan Anda membutuhkan tumpeng mini untuk hari esok, maka carilah layanan pembuat tumpeng yang dapat menyediakan tumpeng mini sebelum esok hari, sehingga ketika Anda membutuhkan tumpeng mini tersebut, tentunya tumpeng pun telah tersedia dan siap untuk digunakan. 

  1. Layanan antar pesanan 

Bagian selanjutnya yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah memilih pembuat tumpeng yang memiliki layanan pesan antar pribadi. Dengan demikian pesanan yang Anda buat pun bisa diantarkan menuju tempat yang Anda inginkan dengan lebih mudah. Dengan kata lain sebagai pelanggan Anda tidak perlu repot untuk menjemput tumpeng mini yang telah jadi, karena pesanan yang Anda inginkan pun akan dikirimkan menuju lokasi Anda dengan lebih cepat dan tepat waktu tentunya. 

  1. Pilihan harga 

Untuk tips terakhir, pastikan Anda memilih layanan pembuat tumpeng mini yang memiliki penawaran harga sesuai dengan budget yang Anda miliki. Karena saat ini ada banyak layanan jasa pembuat tumpeng mini yang tersebar di berbagai kawasan di Indonesia. Bahkan selain menyediakan pilihan tumpeng yang beragam, harga yang ditawarkannya pun turut berbeda pula antara satu dengan lainnya. Untuk itu, selaku pelanggan Anda pun harus lebih pintar dalam menentukan pilihan agar bisa mendapatkan layanan yang sesuai dengan budget yang telah ditetapkan. 

Kesimpulan 

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi tentunya Anda dapat mengetahui bahwa kehadiran tumpeng menjadi salah satu hal penting yang wajib ada, utamanya dalam acara atau perayaan tertentu. Selain itu, setiap acara yang dilakukan pun umumnya menghadirkan sajian tumpeng yang berbeda antara satu dengan lainnya. Seperti halnya tumpeng yang digunakan dalam acara tujuh bulanan dengan tumpeng dari acara tasyakuran. Namun, bagi masyarakat modern saat ini, tumpeng justru digunakan sebagai pengganti kue yang tentunya bisa didapatkan dengan lebih mudah dan ekonomis. Sedangkan jika dilihat dari filosofinya justru memberikan arti yang lebih mendalam. Selain itu, melalui beberapa tips tepat di bagian atas tadi, tentunya proses pemilihan layanan jasa dari pembuat tumpeng pun dapat Anda lakukan dengan lebih tepat dan sesuai kebutuhan. Demikianlah kiranya penjelasan singkat terkait Tumpeng Mini Jakarta disertai dengan informasi dasar lainnya yang dapat penulis jelaskan kali ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *