Tumpeng Mini Jakarta Utara

Tumpeng Mini Jakarta UtaraUntuk Anda yang sedang merencanakan sebuah acara seperti syukuran. Menu Nasi Tumpeng adalah salah satu makanan yang wajib hadir dalam acara tersebut. Nasi Tumpeng juga identik dengan warna kuning yang berasal dari kunyit. Menu makanan ini akan lebih menarik jika ditambahkan dengan beberapa hiasan yang indah di samping atau di atas Nasi Tumpeng tersebut. Untuk menambahkan hiasan tersebut, Anda bisa membuatnya dengan se-kreatif mungkin. Untuk menghias Nasi Tumpeng Anda, sebaiknya gunakan bahan-bahan yang masih segar. Sehingga saat dijadikan hiasan pun juga tidak akan tampak layu.

Aneka Hiasan Menarik Untuk Tumpeng Mini

Anda bisa menggunakan aneka sayuran dan buah-buahan. Berikut ini adalah jenis hiasan yang sering ada pada menu makanan Tumpeng mini Jakarta Utara:

Tumpeng Mini Jakarta Utara

Bunga Aster dari Wortel

Wortel juga akan sangat menarik serta cantik jika bisa dibuat menjadi garnis pada Nasi Tumpeng Anda. Dan bisa juga Anda gunakan untuk menghias tumpeng. Untuk membuatnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengupas wortel dengan menggunakan pisau khusus pengupas kulit buah. Kemudian irislah wortel secara melingkar dan sampai membentuk bulatan dengan tebal sekitar 3 mm. Untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan cetakan kue yang memiliki bentuk bunga kecil untuk membuat pola kelopak pada bunga di sekitarnya. Setelah itu, Anda bisa mengiris bagian tengah tersebut dengan pisau agar dapat menyerupai seperti bagian putik dari sebuah bunga. 

Bunga Mawar dari Tomat

Keberadaan buah tomat bisa Anda manfaatkan sebagai garnis pada tumpeng spesial Anda. Dengan bentuknya yang bulat, Anda bisa menyulapnya untuk dijadikan sebagai bentuk bunga mawar yang sangat menarik serta cantik. Anda bisa memulainya dengan cara mengupas kulit yang ada pada tomat dengan melingkar sampai pada lembaran yang tipis. Pastikan untuk mengiris kulitnya dengan menggunakan pisau yang tajam serta jangan sampai terputus. Setelah itu, Anda bisa membuat beberapa gulungan dari kulit tomat dan mulai membentuk nya menjadi bunga mawar yang mekar. Anda bisa menyusun nya di sekeliling Nasi Tumpeng.

Bunga Teratai dari Tomat

Anda bisa membuat bunga teratai dari tomat tentunya. Dan bunga teratai tersebut bisa Anda pasangkan pada tumpeng, seingga akan lebih terlihat cantik serta menarik perhatian bagi orang yang melihatnya. Sebaiknya pilihlah tomat yang memiliki ukuran sedang serta pilihlah yang memiliki bentuk agak sedikit lonjong. Anda bisa memulai nya dengan cara memotong tomat menjadi dua bagian. Kemudian, potong kembali di tiap bagian nya menjadi dua bagian yang sama besar. Anda bisa menyayat kulit ari pada setiap sisi bagian tomat. Tapi jangan sampai putus. Kemudian tekuklah sayatan kulit ari tersebut keluar dan mirip dengan kelopak. Kemudian susunlah kelopak-kelopak tersebut di atas piring saji. 

Pagar dari Kacang Panjang

Tumpeng memang sering dihidangkan pada wadah yang cukup luas, misalnya tampah. Namun, tentunya Anda juga bisa menggunakan jenis wadah yang lain nya. Agar Tumpeng mini Jakarta Utara Anda kelihatan menarik dan menawan ketika dipajang, maka Anda bisa membuat hiasan yang menyerupai seperti pagar untuk tumpengnya. Sebaiknya gunakanlah kacang panjang untuk membuat pagar tersebut pada wadah alasnya. Kemudian guntinglah kacang panjang tersebut dengan ukuran kurang lebih sepanjang tusuk gigi. Dan kemudian masukkan kacang tersebut ke dalam tusuk gigi yang telah terpasang di sekeliling tampah tersebut. 

Kemudian, ambilah kacang yang masih utuh, dan gunting kembali ujungnya dengan rapi. Nah, dan Anda sekarang bisa melilitkannya pada kacang panjang yang ada di sekeliling pagar tusuk gigi. Lalu akhirilah lilitan tersebut di depan ataupun di belakang tiang kacang panjang tersebut, serta rapikan. 

Kelopak Bunga dari Cabe 

Nasi Tumpeng Anda juga akan semakin menarik dan meriah jika ada tambahan aneka hiasan di atas ataupun disekeliling nya. Dengan tambahan hiasan, Nasi Tumpeng Anda juga akan menggugah selera bagi orang yang melihatnya. Untuk membuat nya pun juga tidak terlalu susah ataupun rumit. Anda bisa menggunakan bahan-bahan seperti cabai. Sebaiknya Anda menggunakan cabai merah yang besar serta panjang. Anda juga harus memilih cabai yang masih bertangkai dan kemudian membelahnya menjadi dua bagian. Guntinglah pada bagian bawah cabai sampai ke atas, serta jangan sampai putus. Kemudian guntinglah bagian sisi lainnya dengan cara bergantian serta ulangi kembali sampai terbentuk kelopak bunga yang Anda inginkan. Supaya hasilnya maksimal, Anda dapat membuang serat-serat dan juga biji yang ada pada cabai.

Kelopak Bunga dari Timun

Timun juga sangat diperlukan untuk melengkapi tampilan Nasi Tumpeng. Timun memiliki rasa yang segar, sehingga sangat bagus sekali untuk disajikan bersamaan dengan nasi serta lauk yang gurih. Nah, tentunya akan lebih menarik jika bisa dibentuk dengan menarik. Mulailah dengan cara mencuci timun terlebih dahulu, dan kemudian potonglah menjadi dia bagian yang rapi. Sebaiknya Anda membuat potongan yang rapi dan tipis serta kemudian potonglah bagian dasar pada mentimun supaya mampu berdiri dengan baik. 

Setelah itu, belahlah bagian kelopak bunga agar dapat merekah dengan sempurna. Selanjutnya, potonglah bagian pada tengah mentimun yang berisikan biji mentimun. Anda bisa merapikan kelopak tersebut dengan cara memotongnya dengan bentuk diagonal. Isilah bagian bunga tengah bunga mentimun dengan jenis sayuran yang berbeda, sehingga akan memberi kesan yang menarik bagi yang melihat nya. 

Itulah beberapa ide hiasan yang bisa Anda pasang pada Tumpeng mini Jakarta Utara. Anda juga bisa menggunakan referensi ide yang lain seperti burung-burungan yang terbuat dari telur puyuh, bunga dari cabai, dan juga kipas dari mentimun. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *